internet murah dan cepat : Tata kelola internet dan tantangannya

internet murah dan cepat : Tata kelola internet dan tantangannya

Secara universal semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna ‘Berbeda-beda tetapi tetap satu jua,’ ternyata juga berlaku dalam sebuah tatanan dan pengelolaan internet. Peranan pemangku kepentingan majemuk (multi-stakeholder) juga berlaku dalam mengatasi berbagai tantangan-tantangan dalam pengelolaan internet.
Kecamatan Beji Kelurahan Beji Kelurahan Beji Timur Kelurahan Kemiri Muka Kelurahan Kukusan Kelurahan Pondok Cina Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Bojongsari Kelurahan Bojongsari Kelurahan Bojongsari Baru Kelurahan Curug Kelurahan Duren Mekar Kelurahan Duren Seribu Kelurahan Pondok Petir Kelurahan Serua Kecamatan Cilodong Kelurahan Cilodong Kelurahan Jatimulya Kelurahan Kalibaru Kelurahan Kalimulya Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cimanggis Kelurahan Cisalak Pasar Kelurahan Curug Kelurahan Harjamukti Kelurahan Mekarsari Kelurahan Pasir Gunung Selatan Kelurahan Tugu Kecamatan Cinere Kerurahan Cinere Kelurahan Gandul Kelurahan Pangkalan Jati Baru Kelurahan Pangkalan Jati Lama Kecamatan Cipayung Kelurahan Bojong Pondok Terong Kelurahan Cipayung Kelurahan Cipayung Jaya Kelurahan Pondok Jaya Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Limo Kelurahan Grogol Kelurahan Limo Kelurahan Meruyung Kelurahan Krukut Kecamatan Pancoran Mas Kelurahan Depok Kelurahan Depok Jaya Kelurahan Mampang Kelurahan Pancoran Mas Kelurahan Rangkapan Jaya Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Sawangan Kelurahan Bedahan Kelurahan Cinangka Kelurahan Kedaung Kelurahan Sawangan Kelurahan Sawangan Baru Kelurahan Pasir Putih Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sukmajaya Kelurahan Abadijaya Kelurahan Baktijaya Kelurahan Cisalak Kelurahan Mekarjaya Kelurahan Sukmajaya Kelurahan Tirtajaya Kecamatan Tapos Kelurahan Cilangkap Kelurahan Cimpaeun Kelurahan Jatijajar Kelurahan Leuwinanggung Kelurahan Sukamaju Baru Kelurahan Sukatani Kelurahan Tapos

saya mengutip penjelasan rincian dalam buku, Head of The Geneva Internet Platform, Jovan Kurbalija memaparkan bahwa pengelolaan internet adalah pembangunan dan penerapan prinsip-prinsip, norma-norma, aturan-aturan, prosedur-prosedur pembuatan berbagai keputusan, dan program-program yang membentuk sebuah evolusi dan penggunaan teknologi Internet secara bersama-sama, baik oleh pemerintah, swasta maupun oleh masyarakat sipil dalam peran masing-masing.

internet murah dan cepat : Tata kelola internet dan tantangannya

Kecamatan Cilandak Cilandak Barat Cipete Selatan Gandaria Selatan Lebak Bulus Pondok Labu Kecamatan Jagakarsa Ciganjur Cipedak Jagakarsa Lenteng Agung Srengseng Sawah Tanjung Barat Kecamatan Kebayoran Baru Cipete Utara Gandaria Utara Gunung Kramat Pela Melawai Petogogan Pulo Selong Senayan Rawa Barat Kecamatan Kebayoran Lama Cipulir Grogol Selatan Grogol Utara Kebayoran Lama Selatan Kebayoran Lama Utara Pondok Pinang Kecamatan Mampang Prapatan Bangka Kuningan Barat Mampang Prapatan Pela Mampang Tegal Parang Kecamatan Pancoran Cikoko Duren Tiga Kalibata Pancoran Pengadegan Rawajati Kecamatan Pasar Minggu Cilandak Timur Jati Padang Kebagusan Pasar Minggu Pejaten Barat Pejaten Timur Ragunan Kecamatan Pesanggrahan Bintaro Pesanggrahan Petukangan Selatan Petukangan Utara Ulujami Kecamatan Setiabudi Guntur Karet Karet Kuningan Karet Semanggi Kuningan Timur Menteng Atas Pasar Manggis Setiabudi Kecamatan Tebet Bukit Duri Kebon Baru Manggarai Manggarai Selatan Menteng Dalam Tebet Barat Tebet Timur
karena berpengalaman dalam dunia internet dan Sebagai orang yang malang-melintang dalam dunia Teknologi Informasi (TI), Jovan dapat melihat ada lima tantangan dalam pengelolaan internet. Lima tantangan utama itu adalah soal infrastruktur, yaitu hukum, ekonomi, pembangunan, dan sosial budaya. Untuk bisa mengatasi tantangan tersebut, menurut Jovan, harus disesuaikan dengan isu masing-masing pemerintahan membutuhkan bantuan dari pihak lain yang bersangkutan.

internet murah dan cepat : Tata kelola internet dan tantangannya

mengenai infrastruktur terkait keamanan cyber, misalnya, pemerintah harus bekerjasama dengan kelompok yang memahami soal keamanan dari sisi teknis.

“Cara mengatasi berbagai isu tersebut berbeda. Misalnya untuk penanganan keamanan cyber, pemerintah memang memiliki kemampuan untuk memerangi kejahatan cyber, Namun mereka tetap membutuhkan bantuan dari komunitas teknis dunia internet ,” tutur Jovan saat ditemui dalam sesi kuliah umum mengenai tata kelola internet di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Selasa (17/3/2015).

beberapa Contoh lainnya, kata Jovan, mengenai berbagai isu ekonomi, misalnya e-commerce (perdangan elektronik). Untuk membuat kebijakan kebijakan mengenai hal ini, tentunya pemerintah harus bisa bekerjasama dengan kalangan bisnis yang terjun langsung dalam sektor tersebut, “Jadi, dalam mengatasi tantangan-tantangan itu semuanya tergantung dari isu itu sendiri,” jelasnya.

internet murah dan cepat : Tata kelola internet dan tantangannya

karena dari itu semua, kata Jovan peranan multi-stakehholder sangatlah penting dalam tata kelola internet. Dengan begitu, semuanya dapat menghasilkan kebijakan yang baik demi kepentingan kepentingan bersama. Menurutnya, Indonesia kini sudah menerapkan metode multi-stakeholder. Terbukti pemerintah kini terbuka dengan keterlibatan berbagai pihak terkait mengelola berbagai hal yang ada di dalam ‘dunia internet/ maya’, termasuk memberikan pandangan dan masukan.

“Salah satunya contohnya adalah APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang memberikan berbagai masukan dari sisi pandangan secara teknis tata kelola internet,” tutur Jovan.