internet tercepat di indonesia

internet tercepat di indonesia

Memilih Paket Internet Terbaik – Perbandingan 5 Operator Seluler di Indonesia

Memilih paket internet yang terbaik untuk smartphone atau gadget anda bukanlah hal yang mudah. Ketika saya melakukan riset untuk mencari tahu mana paket internet yang terbaik, saya dibanjiri oleh informasi yang saya rasa sangat membingungkan. Banyak sekali istilah-istilah yang saya perlu ketahui dan banyak sekali syarat-syarat dan ketentuan yang harus dibaca jika benar ingin mendapatkan paket yang terbaik dan paling cocok.

internet tercepat di indonesia

Yang perlu anda ketahui

Istilah yang pembaca perlu tahu dalam memilih paket internet adalah Fair Usage Policy (FUP) atau Batas Pemakaian Wajar. Ini adalah batas pemakaian kuota dalam periode tertentu yang diizinkan oleh operator.  FUP ini bisa berlaku per hari atau per minggu atau per bulan. Apa yang terjadi setelah FUP ini tercapai? Walau ada operator yang langsung memutuskan koneksi pengguna ke internet, kebanyakan operator akan melakukan throttling kecepatan, yaitu melambatkan koneksi internet pengguna. Seberapa lambat? Lambat sekali kalau pengguna sudah terbiasa dengan koneksi 3G. Koneksi yang di-throttling berkisar antara 64 Kbps sampai dengan 128 Kbps. Untuk referensi, koneksi 3G berkisar antara 7.2 Mbps sampai 42 Mbps. Lambat sekali bukan?

internet tercepat di indonesia

Operator seluler seringkali menggunakan kombinasi FUP dengan marketing gimmick. Banyak yang menonjolkan bahwa kuota paket internet mereka unlimited tanpa memberitahu dengan jelas FUP mereka. Jadi, hati-hati!

internet tercepat di indonesia

internet tercepat di indonesia

Hal kedua yang perlu pembaca perhatikan adalah kapan kuota bisa dipakai. Sebagai contoh operator seluler bisa mempromosikan kuota 5 GB per bulan dengan harga yang sangat murah. Namun, setelah diusut, ditemukan bahwa kuota yang bisa dipakai 24 jam penuh hanya 1 GB per bulan. 4 GB sisanya harus dipakai antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi.

Hal-hal seperti diatas inilah yang membuat saya merasa bahwa banyak orang akan terkecoh dengan marketing dan promosi paket internet dari operator seluler.

internet tercepat di indonesia

Riset saya

Lalu apa saja yang saya lakukan untuk melakukan riset saya? Pertama-tama yang saya lakukan ketika melakukan riset ini adalah mengunjungi setiap situs resmi dari operator seluler di Indonesia. Saya tidak mengambil semua, namun saya ambil 5 yang saya anggap mewakili yaitu: Indosat, Telkomsel, Tri (3), Axis, dan XL.

internet tercepat di indonesia

Ketika mengunjungi situs resmi mereka, saya menemukan bahwa operator seluler menyediakan BANYAK sekali paket tawaran sehingga bisa menyebabkan pelanggan prospektif kabur kebingungan. Apa yang harus saya pilih? Pra-bayar atau pasca-bayar? Ada 3 kartu jenis Pra-bayar. Bedanya apa? Apakah paket-paket ini bisa digabungkan? Kalau bisa, apa saja ketentuannya? Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang memenuhi otak saya. Oleh karena banyaknya macam kombinasi, saya menyempitkan luas (scope) dari penelitian saya kali ini. Saya akan meliput paket-paket pasca bayar yang tergolong paket internet saja dan hasilnya akan berlaku untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (JaBoDeTaBek) saja.

internet tercepat di indonesia

Setelah menetapkan apa yang jadi fokus penelitian saya, pertanyaan besar yang harus saya jawab adalah: kriteria apa yang menentukan bahwa suatu paket adalah paket yang terbaik? Dari sisi ekonomi, masuk akal kalau kriteria pertama adalah harga. Namun, harga paket bisa dinaik-turunkan dengan marketing gimmick atau pemilihan kata promosi yang pintar, jadi kita harus mencari angka yang lebih murni dari sekedar harga paket. Saya putuskan untuk menggunakan nilai harga per GB kuota. Dengan kata lain, harga yang harus pengguna bayar untuk 1 GB kuota tiap bulan.

internet tercepat di indonesia

Karena banyaknya macam kuota yang ditawarkan (ada kuota pagi, kuota malam, dan kuota reguler / 24 jam), saya memutuskan untuk memberikan berat khusus (weightage) terhadap masing-masing kuota. Kuota reguler nilainya 100% karena bisa dipakai kapan saja, 24 jam per hari, 7 hari per minggu. Kuota pagi/siang hanya dihargai 75% dari nilai aslinya karena kita hanya bisa memakai kuota ini di siang hari. Dan terakhir, kuota malam. Kuota ini saya hanya hargai 25% dari nilai aslinya karena jam yang diberikan oleh operator seluler saya nilai terlalu restriktif. Siapa yang mau memakai internet jam 1 pagi-jam 6 pagi setiap hari? Seriously…

internet tercepat di indonesia

Perhitungan harga per GB kuota sangatlah mudah: harga paket per bulan ÷ jumlah kuota total per bulan (setelah dihitung dengan berat khusus/weightage masing-masing kuota)

Kriteria kedua yang saya gunakan adalah kecepatan dari paket internet yang ditawarkan. Menurut saya, kriteria kedua ini adalah daerah abu-abu dan patut untuk dipertanyakan karena banyak sekali faktor yang menentukan kecepatan internet yang akhirnya dialami oleh pengguna. Saya bisa bertanya kepada sepuluh orang yang menggunakan operator seluler yang sama dan mendapatkan paling tidak 4 jawaban yang berbeda tentang pengalaman mereka dengan paket internet operator seluler itu. Oleh karena itu saya menggunakan nilai yang tertera di situs resmi operator seluler sebagai nilai acuan dari kecepatan paket internet yang ditawarkan.

internet tercepat di indonesia

Dan hasilnya adalah…

Setelah akhirnya memutuskan apa yang menjadi 2 kriteria penentu paket internet terbaik, saya mentabulasikan semua data yang saya dapatkan, dan hasilnya adalah tabel di bawah ini.

internet tercepat di indonesia

internet tercepat di indonesia

Dengan kedua kriteria, kecepatan internet dan harga per 1 GB kuota, sebagai acuan, Paket Super Internet Kuota 8 GB seharga Rp. 29,900 / bulan dari Indosat adalah yang terbaik. Kecepatan internet yang ditawarkan oleh Indosat-pun jauh di atas kompetitornya (3 – 6 kali lebih cepat di atas kertas) dan harga per 1 GB kuotanya hanya Rp. 5,067 saja. Saingan terdekat dari paket Indosat ini dalam harga adalah paket yang ditawarkan oleh Tri yaitu Paket Internet Reguler 5 GB dengan harga Rp. 99,000 atau Rp.19,800 per 1 GB kuota, selisih ~Rp. 14,000 lebih mahal. Keunggulan Indosat inipun belum termasuk tambahan kemudahan Super Wifi yang ditawarkan Indosat (untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Super Wifi, kunjungi situs resmi Indosat).

internet tercepat di indonesia

Penutup

Banyak orang mungkin akan tidak setuju dengan kesimpulan saya ini. Seperti yang saya katakan di awal artikel, pengalaman ber-internet menggunakan smartphone/gadget berbeda untuk setiap orang dan tergantung dari banyak faktor seperti geografis, kasus penggunaan, jenis smartphone/gadget, berapa banyak pelanggan online, bandwidth usage dan lain sebagainya. Ingat bahwa kecepatan internet yang dipakai dalam riset ini adalah yang tertera di situs resmi operator seluler dan mungkin bukan kecepatan riil yang sehari-hari dialami pengguna dan berat (weightage) yang saya pakai dalam penghitungan kuota adalah berat yang saya tentukan sendiri. Ingat juga bahwa hasil riset ini hanya berlaku untuk pelanggan yang berlokasi di JaBoDeTaBek.

Akhir kata, saya harap semoga artikel ini bisa memberikan informasi lebih tentang paket-paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia dan membantu pembaca dalam membuat keputusan.

Punya pendapat, saran atau kritik? Langsung saja tulis dibawah!

internet tercepat di indonesia

DISCLAIMER
semua yang tertera dalam artikel ini adalah riset pribadi dan opini dari penulis. Tidak ada maksud dari penulis dan Jurnal Gadget Indonesia untuk menyinggung pihak-pihak yang dibicarakan dalam artikel ini. Penulis dan Jurnal Gadget Indonesia tidak menerima sponsor apapun dari operator seluler manapun. Apabila ada informasi yang tidak benar dalam artikel ini, pembaca bisa mengirimkan email ke webmaster[at]jurnalgadget.com atau tinggalkan komentar di bawah dengan informasi yang benar.

sumber : https://jurnalgadget.com/2014/08/07/memilih-paket-internet-terbaik-perbandingan-5-operator-seluler-di-indonesia/