Cara Kerja ISP / provider internet yang Harus kita ketahui

Cara Kerja ISP provider internet yang Harus kita ketahui 2

Cara Kerja ISP / provider internet yang Harus kita ketahui

Indonesia memiliki perusahaan pertama yang melayani pemasangan jaringan internet adalah pada tahun 1994. Tetapi pada masa itu belum banyak orang yang mengerti mengenai jasa tersebut dan internet itu sendiri. Pada awal lahirnya perusahaan ISP tersebut masih menggunakan jenis Dial-Up. Setalah tahun berikutnya mulai lahir satu per satu perusahaan dalam bidang ISP termasuk ISP Jakarta Timur.

Cara Kerja ISP provider internet yang Harus kita ketahui
Cara Kerja ISP provider internet yang Harus kita ketahui

Internet Service Provider atau ISP memiliki fungsi utama untuk menyediakan sebuah layanan internet untuk user. Tetapi pada saat ini ISP sudah tidak hanya melayani jasa pemasangan jaringan internet saja melainkan hal lain yang masih berhubungan dengan telekomunikasi. Mulai dari menyediakan internet rumah dan melayani provider internet kantor atau jenis internet dedicated.

Cara Kerja ISP / provider internet yang Harus kita ketahui

Cara Kerja Sebuah ISP

Setiap calon mengerti cara kerja provider internet walaupun hanya sebagian. Berikut adalah cara kerja ISP:

  1. Sebelum bisa digunakan maka anda harus terkoneksi dengan ISP melalui Modem, Wireless atau satelit VSAT. Lalu ISP akan meneruskan permintaan langganan paket anda yang akan diterjemahkan oleh router.
  2. Router itu sendiri yang akan menentukan jalan paket data pembeli atau user. Dari router ke router yang akan membawa arah jalur paket data dari device user ke ISP lokal lalu ISP global. Dalam satu rumah biasanya memiliki device yang berbeda minimal satu smartphone dan perangkat komputer. Sedangkan dalam skala perusahaan yang menggunakan provider internet dedicated corporate atau biasa disebut ISP dedicated yang pasti memiliki komputer yang banyak.
  3. Setelah proses diatas selesai maka permintaan paket data user yang telah ditentukan router ISP anda akan melewati router ISP lainnya atau router NAP. Jariangan internet tersebut akan terpusat di sebuah Gedung cyber yang terletak di Jalan Kuningan yang ada di barat Jakarta.
  4. Maka paket data user akan menuju server-server yang ada di Indonesia yang melewati jaringan-jaringan lokal tanpa harus melewati routing Internasional.
  5. Pada proses terakhir ini adalah paket data user akan sampai pada tujuan dan akan diteruskan lagi sesuai paket layanan yang user pilih. Contohnya email, Web Content, DNS dan sebagainya. Lalu data anda akan kembali dengan membawa jawaban dari server dan memiliki jalur berbeda pada awalnya, istilah ini disebut packet switching.

Cara Kerja ISP / provider internet yang Harus kita ketahui

Ternyata untuk membuat jaringan internet berjalan dengan lancar terlihat sedikit rumit. Oleh sebab itu anda harus memilih provider internet stabil di Jakarta Timur atau daerah lainnya dengan teliti dan terpercaya. Tidak hanya karena ISP murah anda menentukan pilihan anda dengan asal-asalan. Pastikan ISP yang anda pilih memiliki reputasi yang baik.